Skip to main content

Cara Menampilkan Database Microsoft Access di Visual Basic VB 6.0

Cara Tampilkan Data Microsoft Access di Visual Basic VB 6.0 Menggunakan ADODC dan Data Grid

Cara Menampilkan Data di Microsoft Access di Visual Basic 6.0 - Visual Basic VB 6.0 merupakan salah satu aplikasi yang di kembangkan untuk membuat aplikasi berbasis desktop dimana salah satu bahasa yang di gunakannya adalah VB 6.0 bahasa tersebut menurut saya sangat sederhana, sedangkan microsoft access adalah salah satu yang dapat kita gunakan untuk membuat database untuk ditampilkan di Visual Basic menggunakan VB 6.0.

Cara Menampilkan Data yang Ada di Access ke Visual Basic VB 6.0

Di artikel kali ini NBTEKNO akan Membagikan cara menampilkan data dari Ms.Access ke Visual Basic VB 6.0, kita langsunng saja praktek silahkan ikuti tutorial di bawah ini dengan cermat sobb agar nantinya data dapat tampil dengan normal di aplikasi buatan kalian dengan VB 6.0

#1. Membuat Database Microsoft Access untuk di Tampilkan pada Visual Basic VB 6.0

Buatlah database di microsoft access dengan nama file/database coba dan format yang digunakan .mdb(Access 2002 - 2003 File Format), lalu selanjutnya buat tabel di microsoft access dengan nama kasir dan buat field dengan data type seperti di bawah ini sobb.
Tabel kasir di Microsoft Access
Field dan Data Type Properties Tabel
Field Name 1 : Kode Barang Data Type : Number.
Field Name 2 : Nama_Barang Data Type : Text.
Field Name 3 : Harga Barang Data Type : Currency.

Dan untuk contoh isi pada tabel kasir di database coba microsoft access bisa dilihat seperti dibawah ini, atau bisa juga kalian isi terserah keinginan kalian, setelah itu klik simpan dan close database access tersebut.
Contoh isi data tabel microsoft access yang akan di tampilkan di VB 6.0
Isi Dari Tabel Kasir

#2. Membuat New Project Visual Basic Enterprise Edition Controls

Silahkan kalian buka aplikasi Visual Basic VB 6.0 yang sudah terinstal di PC/Laptop sobat, lalu buat new project pilih VB Enterprise Edition Controls kemudian klik Open untuk lebih jelas bisa kalian lihat gambar di bawah ini.
Membuat New Project Visual Basic Enterprise Edition Controls
Pilih New Project VB Enterprise Edition Controls

#3. Membuat Form Untuk Tampil Data Microsoft Access di Visual Basic VB 6.0

Untuk menampilkan database di Visual Basic VB 6.0 saya menggunakan ADODC untuk menyambungkan ke databasenya dan DataGrid untuk tempat tampi data microsoft access, ini form sederhana yang akan saya gunakan untuk menampilkan data dari database di Microssoft Access tadi.
Components ADODC dan DataGrid Untuk Menampilkan Database Ms. Access
ADODC dan DataGrid Untuk Menampilkan Database
Bagi yang tidak ada pilihan tersebut, untuk menampilkan ADODC dan DataGrid klik CTRL+T kemudian pilih Microsoft ADO Data Control 6.0 (OLEDB) dan Microsoft DataGrid Control 6.0 (SP6) (OLEDB) dengan memberi cekbox pada kedua bagian itu saja, dan uncekbox bagian yang lain lalu klik Apply dan OK terus tekan silang pop-up pengaturan tersebut maka sudah ada pilihan ADODC dan DataGrid.

#4. Seting ADODC dengan Database Microsoft Access di Visual Basic VB 6.0 untuk Menampilkan Data

Untuk mnegatur ADODC agar terhubung ke database kita cukup mudah sobat, yang pertama harus kalian lakukan adalah dengan Klik Kanan bagian ADODC yang telah kita buat tadi, kemudian pilih ADODC Properties.
Klik kanan ADODC dan pilih ADODC Properties untuk mengatur koneksi
Klik kanan ADODC dan pilih ADODC Properties
Lalu Setelah itu pilih Use Connection String dan klik Build di bagian tersebut, seperti yang saya lingkari berwarna merah di gambar bawah ini.
pilih Use Connection String dan klik Build untuk menghubungkan ke database
Pilih Use Connection String dan klik Build
Kemudian setelah di build akan muncul Data Link Properties, pilih Microsoft Jet 4.0 OLE DB Provider kemudian klik next.
pilih Microsoft Jet 4.0 OLE DB Provider kemudian klik next untuk mencari database
Pilih Microsoft Jet 4.0 OLE DB Provider klik next
Maka akan muncul kolom select or enter a database name: disitu isikan lokasi file database microsoft access yang telah kalian buat sebelumnya, atau bisa juga dengan klik ... seperti yang saya lingkari merah seperti gambar dibawah ini.
Cara Koneksikan Microsoft Access dengan Visual Basic VB 6.0 Tampil Data
Cari database untuk di koneksikan, dan Test Connection
Jika sudah ketemu maka klik open pada database tersebut, lalu setelah database sudah berhasil terpilih silahkan kalian Test Connection seperti yang sudah saya beri tanda panah pada gambar di atas jika muncul Test Connection Succeded klik OK saja, dan misal Data Link Properties masih terbuka klik OK lagi saja sobatt, kini kita sudah berhasil terhubung kedatabase tinggal ditampilkan di Data yang ada di tabel kasir kita menuliskan perintah pada Record Source perintah berikut Select * From Kasir perintah tersebut berfungsi menampilkan seluruh data yang ada dalam tabel Kasir data base coba microsoft access, kemudian setelah itu klik Apply dan OK.
Perintah Untuk Menampilkan Seluruh Data Tabel di Database Microsoft Access
Menampilkan Seluruh Data Dalam Tabel di Database

#4. Seting Data Grid Visual Basic VB 6.0 untuk Menampilkan Database Microsoft Access

Kali ini langkah terakhir untuk menampilkan database Ms. Access di Visual Basic VB 6.0, adalah mengatur Sumber data di Data Grid diganti dengan ADODC1, yang pertama harus sobat lakukan adalah klik pada bagian Data Grid, setelah itu di Properties - DataGrid1 cari Data Source kemudian pilih ADODC1
Untuk Denampilkan Data ADODC dari Database ke DataGrid1 Visual Basic VB 6.0
Properties -> Data Source -> pilih ADODC1
Selamat kini kalian telah berhasil Menampilkan Database Microsoft Access ke Visual Studio VB 6.0, dan berhasil mengkoneksi Database Microsoft Access ke Visual Studio VB 6.0, kita coba run dulu sobat apakah sudah berhasil langkah-langkah diatas.
Cara Mengkoneksikan Database Ms.Access ke Visual Basic VB 6.0
DataBase Ms.Access Tampil di Visual Basic VB 6.0
Itulah artikel mengenai Cara Koneksi dan Tampil Database Microsoft Access di Visual Basic VB 6.0 yang dapat NBTEKNO berikan kali ini sobb, jika ada yang kurang paham mengenai Cara Tampil Data dan Koneksi Visual Basic VB 6.0 di Database Microsoft Access bisa kalian tanyakan melalui komentar, akan saya jawab sebisa saya, terimakasih telah mampirr sob, baca juga artikel lainnya ya. Share jangan lupa (y).

Comments

Post a Comment

Dilarang menghina, Promosi (iklan), Menyelipkan link aktif, dilarang berkomentar berbau porno, Spam, Sara, Politic, Provokasi, Berkomentarlah dengan bijak, Sopan, Dan sesuai artikel (OOT)

Popular posts from this blog

5 Langkah Cara Membuat Efek Glowing Edge Menggunakan Adobe Photoshop Secara Mudah Untuk Pemula

Cara Membuat Glowing Edges Pada Foto Dengan Mudah Hallo selamat datang lagi di Blogger Newbie, pada artikel kali ini saya ingin memberikan tutorial Cara Mudah Membuat Efek Foto Glowing Edges Menggunakan Adobe Photoshop , untuk cara ini saya menggunakan aplikasi manipulasi foto adobe photoshope cc, Membuat efek glowing edges menggunakan photoshop sebenarnya sangat mudah dan simple sekali, hanya dalam beberapa langkah saja sudah selesai, mengedit foto menjadi glowing edge sangat cocok sekali untuk para pemula seperti saya yang sedang belajar mengedit foto menggunakan adobe photoshop. Untuk itu, saya ingin membagikan artikel mengenai 5 Langkah Mudah Membuat Foto menjadi Glowing Edges menggunakan Adobe Photoshop  untuk pemula, oke langsung saja kita ke cara Mengubah Foto menjadi glowing edges menggunakan photoshop dibawah ini, Cara Mudah Edit Foto Efek Glowing Edge Secara Cepat. 5 Cara Mudah Membuat Efek Glowing Edges Menggunakan Photoshop Pada Foto : Yang pertama kalian siapk

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen Di PC/Komputer 100% Work

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Laptop Secara Permanen 100% Work Hallo selamat datang lagi di Blogger Newbie, pada artikel kali ini saya akan sedikit berbagi cara untuk merestore atau mengembalikan file yang hilang permanent di laptop atau komputer kalian, Mungkin banyak diantara kalian yang pernah tidak sengaja menghapus file-file di komputer kalian secara tidak sengaja maupun tidak sengaja secara permanent, sehingga jika kalian ingin mengembalikan atau merestore file tersebut di komputer kalian, kalian cari-cari di recycle bin sudah tidak ada lagi. Tentu dengan dasar banyaknya terjadu hal-hal seperti itu saya ingin membagikan sedikit artikel mengenai cara mengembalikan file-file yang terhapus secara permanen di PC atau komputer kalian, tentu saja untuk mengembalikan file-file yang terhapus permanen di PC atau komputer, kita akan menggunakan software tambahan. (Baca juga :  Cara Mendapat Kuota dan Pulsa Gratis work 2017 ,  Cara Kompres Video Tanpa Menurunkan dan

4 Modem 4G LTE Harga Murah

4 Modem 4G LTE Harga Murah (Baca juga :  Cara Mendapat Kuota dan Pulsa Gratis work 2017 ,  Cara Kompres Video Tanpa Menurunkan dan Mengurangi Kualitas Video ,  Cara Daftar Adsense Tanpa Review 100% Approve ,  Cara Mengunci Dokumen Word Agar Tidak Bisa di Copast ).    Selamat datang lagi sob di Blogger Newbie , hari ini saya akan membuat artikel yang memuat beberapa modem 4G LTE lebih tepatnya 4 modem 4G LTE harga murah, sekarang banyak sekali provider provider simcard di Indonesia yang mulai mempromosikan produk layanan paket internet 4G LTE dengan harga yang sangat murah bahkan banyak juga yang mejual kuota sebesar 10GB hanya dengan harga dikisaran Rp20.000 tetapi dengan syarat hanya bisa dipakai jika jaringan kalian sudah suport 4G LTE.   Selain itu juga dari segi kecepatan, jaringan 4G sangat jauh lebih unggul dari generasi-generasi sebelumnya yang dimana kecepatan download jaringan 4G bisa mencapai 100mbps, apalagi jaman sekarang ini banyak sekali bisnis-bisnis yang bera